LITERASI PAGI “DZIKIR ASMA’UL HUSNA DAN SHALAWAT NARIYAH”

Diawal semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023 ini, SMA Negeri 1 Rawalo kembali melaksanakan kegiatan Program  Literasi Pagi. Program  ini sudah berjalan lama. Kegiatan program tersebut dilaksanakan setiap hari selasa, rabu, kamis dan jum’at sebelum memulai pembelajaran jam pertama. Pada hari selasa rabu kamis literasi pagi dzikir asma’ul husna “bismillahi badana”, kemudian pada hari jum’at literasi pagi dzikir shalawat nariyah atau tadarus surat pilihan surat Waqi’ah. Hal ini sangat berkaitan dengan penanaman nilai-nilai ketauhidan keimanan kepada Allah SWT tuhan semesta alam. menanamkan nilai-nilai Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari, melembutkan hati dan meningkatkan akhlakul karimah. Ada beberapa hal yang melandasi dzikir dan shalawat antara lain:

  1. QS. Al-A’raf ayat 180:

وَلِلَّهِ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا

Artinya: Hanya milik Allah asma’ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma’ul husna itu.

  • QS Ar-Ra’du ayat 28:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.

  • QS. Al-Maidah ayat 35:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.

  • QS Al-Ahzab ayat 41 dan 42:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلا

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.

  • QS Al-Ahzab ayat 56:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Teknis pelaksanaan dilaksanakan dengan cara di pandu melalui mikrofon central yang ada di sumber suara oleh petugas pemandu dzikir yaitu pengurus ROHIS SMA Negeri 1 Rawalo yang telah di jadwal secara rutin, semua siswa dapat mendengarkan melaui sound yang ada di setiap kelas, kemudian semua siswa SMA Negeri 1 Rawalo  sejumlah kurang lebih 790 siswa mengikuti menirukan dengan khusyu’ di dalam kelas masing masing yang di dampingi oleh ibu dan bapak guru. Alhamdulillah siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dzikir dan shalawat banyak sekali memiliki fadilah atau keutamaan bagi yang mengamalkannya secara istiqomah. Semoga dengan keistiqomahan literasi pagi dzikir ini membawa kemanfaatan dan keberkahan untuk semua siswa dan seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Rawalo, amiin ya rabbal ‘alamiin.

Para siswa di kelas mengikuti kegiatan literasi pagi dzikir “asma’ul husna” dan shalawat nariyah.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *